Tutorial - Chair Modelling #05

Assalamu'alaikum wr. wb

Dalam tutorial kali ini, kita akan membuat kursi sederhana menggunakan blender 2.80 dan mempelajari beberapa konsep dasar modeling 3D pada blender.


Langkah pertama buka aplikasi blender


Reize Cube pada sumbu Z




Tipiskan Cube menjadi seperti gambar dibawah ini



Selanjutnya masuk ke EDIT MODE


Dalam mode ini kita akan menghapus poligon cube menjadi lebih kecil
Tekan CTRL+R (Loop Cut) sehingga muncul lingkaran kuning pada Cube



Arahkan mouse ke tengah-tengah, dan klik kiri
Lakukan hal yang sama untuk arah horizontal


Klik X dan pilih delete Vertec
Jika tidak ada kesalahan hasilnya akan seperti ini

Lakukan hal yang sama pada 2 poligon lainnya sampai menjadi seperti ini

Selanjutnya tambahkan MODIFIER MIRROR


Tampilannya akan menjadi seperti ini (karena defaultnya sumbu X



 Selanjutnya tambahkan Mirror 1 kali lagi
Tapi untuk mirror yang ini, centang Sumbu Y
Atur Clipping agar hasil modifiernya rapat


Selanjutnya tekan CTRL+R (Loopcut) lagi dan potong agak di sudut




Bentuk kotak kecil ini akan menjadi kaki kursi


Atur tampilan sehingga kita bisa melihat bagian bawah Cube



Pilih Select FACE dan pilh bagian kotak kecil pada Cube


Tekan E atau tombol Extrude di sebelah kiri sidebar



Tariiiik terus sampai ke bawah. Karena menggunakan mirror, narik satu kaki, 3 sisa mesh lainnya akan mengikuti

Selanjutnya lakukan modifikasi sedikit pada pangkal kaki kursi
Pilih salah satu Vertec


Tarik menggunakan Translate



Dengan cara yang sama lakukan untuk kaki sebelahnya



elanjutnya klik APPLY pada Modifier Mirror (Harus masuk Objek Mode dulu). Sampai bagian yang dimirror hilang dan menjadi mesh sepenuhnya




Selanjutnya seleksi bagian belakang mesh Cube





Tekan E atau klik tombol Extrude dan tariiiiik ke atas
Nah Begitu Bor . Sampai tahap ini, anda sudah berhasil membuat kursi





Komentar